SPU (Sistem Periodik Unsur)

Ternyata sejak zaman dahulu kala manusia sudah penasaran dengan yang namanya 'materi' dan telah lama manusia mencoba untuk menggolongkannya menjadi unsur-unsur.

Jika kita pernah melihat kartun Avatar maka kita akan mengenal unsur-unsur menjadi empat golongan yaitu:
1. Udara
2. Air
3. Tanah
4. Api
Jika dalam cerita Avatar dikenalkan bahwa tiap-tiap unsur memiliki karakter masing-masing begitu pula dengan penggolongan unsur dalam kimia modern. Hanya saja jika awal mula ide mengenai materi hanya dibagi menjadi empat unsur tetapi sekarang telah dikenal lebih dari 100 unsur. Dan ternyata penggolongannya begitu beraturan yang digambarkan dalam Sistem Periodik Unsur (SPU).


Bagaimanakah penggolongan unsur begitu beraturan?
Atom itu terdiri dari inti atom dan kulit atom. Inti atom terdiri dari neutron (tidak bermuatan) dan proton (bermuatan positif) sedangkan kulit atom berisi elektron yang bermuatan negatif. Sedangkan penggolongan unsur didasarkan pada jumlah proton yang dimiliki tiap unsur.
Pada tabel terlihat bahwa di atas lambang unsur ada angka, angka inilah yang menunjukkan jumlah proton. Jika diperhatikan angka-angka tersebut berurutan dimulai dari 1 s.d 112 maka inilah seni dari kimia. Maha Besar Allah SWT yang menciptakan dengan begitu indah.


Bacaan terkait:
Jembatan Keledai Sistem Periodik Unsur

Tidak ada komentar: