Ikatan Kimia

Ikatan Kimia digolongkan menjadi tiga macam yaitu:
1. Ikatan Ion
2. Ikatan Kovalen
3. Ikatan Logam

1. Ikatan Ion
Ikatan ini dibentuk oleh atom-atom elektropositif dan elektronegatif. Atom elektropositif yang umumnya logam dan atom elektronegatif yang umumnya nonlogam sehingga dikatakan bahwa ikatan ion adalah ikatan antara logam dan nonlogam. Senyawa dengan ikatan ion jika dilarutkan dalam air akan membentuk ion-ionnya (ion positif dan ion negatif)
NaCl(s) Na+(aq) + Cl-(aq)

2. Ikatan Kovalen
Ikatan kovalen terbentuk oleh atom-atom nonlogam. Atom-atom nonlogam membentuk ikatan kovalen dengan cara menggunakan elektron secara bersama-sama untuk menuhi kebutuhan membentuk kondisi stabil.


3. Ikatan Logam
Ikatan ini terbentuk oleh atom logam. Jika ikatan ion terbentuk karena adanya serah terima elektron dan ikatan kovalen karena penggunaan elektron bersama maka ikatan logam terbentuk karena ikatan ini memiliki lautan elektron yang peroleh dari elektron valensi atom logam pembentuknya.









Jika ikatan kimia adalah ikatan antar atom untuk membentuk molekul senyawa atau unsur, maka diantara molekul-molekul yang terbentuk masih terdapat interaksi sehingga molekul-molekul tersebut berkumpul dengan sesamanya. Interaksi ini biasa disebut Gaya Antar Molekul, tidak disebut 'ikatan' karena  interaksi ini memang jauh lebih lemah daripada ikatan kimia.







Tidak ada komentar: