0˚C bukan berarti temperaturnya 'nol' lho...

Berdasarkan definisinya temperatur adalah ukuran rata-rata energi kinetik translasi partikel. Artinya bila molekul memiliki energi ini maka ia melakukan gerak translasi (gerak menembus ruang).
Jadi temperaur dikatakan 'nol' bila tidak ada nilai energi kinetik translasi dalam suatu sistem atau energinya sama dengan 'nol'. Bukankah 'nol' berarti kosong atau tidak ada?!

0˚C

0˚C didapat dari titik beku air yang menunjukkan kondisi air berada pada fasa padat (es). Sedangkan molekul pada fasa ini air masih melakukan gerak translasi. Hal ini berarti nilai dari energi kinetiknya tidak sama dengan 'nol'.

Kapankah temperatur dikatakan 'nol'?
Temperatur dikatakan 'nol' ketika partikel tidak melakukan gerak translasi. Dan pada air hal ini terjadi ketika temperatunya adalah 'nol' Kelvin (0 K) ini adalah temperatur nol mutlak. Yakni pada temperatur -273 ˚C.
Dari sini terjawab juga kenapa satuan Kelvin tidak menggunakan notasi derajat (˚) seperti pada satuan temperatur yang lain. Selain itu penjelasan diatas juga menjawab kenapa pada berbagai rumus menggunakan satuan Kelvin.

5 komentar:

Gulunganpita mengatakan...

Terima kasih infonya.
nice share.

:)

Ufy Rahmana mengatakan...

Terima kasih kembali, semoga bermanfaat

syuRaiya mengatakan...

ooo.. gitu. baru tau :D
*makinpinterkimiameskipunbarudikit

Ufy Rahmana mengatakan...

dikit2 lama2 kan jadi bukit^^

Ufy Rahmana mengatakan...

dan moga ecochemical mampu u/ terus meningkatkan kualitas n kuantitas tulisannya so temen2 bs memanfaatkannya..
Ayo teman2 rajin2 Go Blog
maju terus u/ berbagi ilmu \(^o^)/