Isi adalah Kosong, Kosong adalah Isi!


Atom
Istilah atom diambil dari bahasa Yunani yakni dari kata "a" yang berarti "tidak", dan "tomos" yang berarti "dibelah". Jadi secara harfiah atom adalah bagian terkecil yang tidak dapat dibelah lagi dan ketika bereaksi atom tidak akan berubah kecuali susunan elektron valensinya.

Berdasarkan penelitain, atom terdiri dari inti dan kulit atom. Inti atom sendiri terdiri dari neutron dan proton sedangkan elektron berada pada kulitnya.
"Isi adalah kosong, kosong adalah isi" untuk beberapa orang kalimat ini tidak asing lagi karena dulu sering diucapkan oleh aktor pemeran Tong Sam Cong dalam film Kera Sakti. Nah.. bagaimana kalimat itu jika dihubungkan dengan ilmu kimia khususnya dalam teori atom??!

Seperti penjelasan sebelumnya bahwa atom terdiri dari inti atom dan elektron di kulit atom. Dimana muatan positif di inti atom berkumpul di tengah dan memiliki jarak tertentu dengan kulitnya. Dan ternyata ketika diameter atom diasumsikan sebagai panjang lapangan sepak bola maka inti atom hanya sebesar satu butir kacang.

(-_-")g kebayang nyari kacang di lapangan sepak bola!

Lalu antara inti dan elektronnya ada apa?
Ternyata hayalah ruang hampa.

Dari sini mari kita simak lebih dalam.
Jika dikatakan atom adalah dasar pembentuk materi dan ternyata atom itu sendiri sebagian besar hanya terdiri dari ruang hampa maka sesungguhnya materi adalah kehampaan. Jadi apa yang biasa kita lihat adalah sesuatu yang tidak ada (atau mungkin sesuatu yang dengan definisi manusia hanya dapat dikatakan dengan istilah "hampa")
Lalu siapakah kita ini, karena pada dasarnya kita juga dibentuk dari atom-atom? wallahualam!

أَلَمْ يَعْلَمُواْ أَنَّ اللّهَ يَعْلَمُ سِرَّهُمْ وَنَجْوَاهُمْ وَأَنَّ اللّهَ عَلاَّمُ الْغُيُوبِ
Tidaklah mereka tahu bahwasanya Allah mengetahui rahasia dan bisikan mereka, dan bahwasanya Allah amat mengetahui segala yang ghaib.
( QS. At Taubah 9:78 )


Dan dari pengetahuan ini kita menyadari bahwa sifat "Wujud" hanya dimiliki Allah SWT. Subhanallah!
Ternyata dengan kimia kita bisa mempelajari sifat wajib Allah. Bukankah ini menyenangkan? ^_^



Tidak ada komentar: