Gas Nitrogen, Gas Inert yang Mendominasi Atmosfer

Untung aja di atmosfer ini dipenuhi gas nitrogen, yaah... kurang lebih 79 %.
tapi untung kenapa? emang apa yang terjadi kalo nggak didomonasi gas N2?
Gas nitrogen (N2) merupakan gas inert, artinya ia tak mudah bereaksi (tidak reaktif), bayangin aja kalo di atmosfer dipenuhi gas-gas yang reaktif maka akan banyak benda-benda di bumi ini yang bereaksi dengan gas tersebut.
Misalnya aja kalo atmosfer ini dipenuhi dengan gas oksigen, maka kita akan sering melihat kebakaran, atau jangan-jangan kita kebakar, g mau laahh...... Karena pembakaran adalah reaksi dengan gas oksigen, yah termasuk reaksi pada pernafasan kita.
Trus selain kebakaran, barang-barang terutama logam banyak yang terkorosi, maka banyak pula sistem dalam pabrik yang harus di buat hampa. Waahh repot ya?! Di atmosfer ini mengandung oksegen ± 21%, ya kurang dari 1/3 jumlah nitrogen. Walau kita sangat membutuhkan oksigen untuk hidup ternyata Allah SWT telah memberikan komposisi yang pas sesuai kebutuhan. Dan oksigen yang jumlahnya jauh lebih sedikit daripada nitrogen ternyata telah mampu melapukkan pagar-pagar besi di depan rumah kita.


"… Kamu sekali-kali tidak melihat
pada ciptaan Rabb Yang Maha Pemurah
sesuatu yang tidak seimbang.
Maka lihatlah berulang-ulang,
adakah kamu lihat sesuatu yang tidak seimbang”
(Al-Mulk:3)

Lalu apa sih yang membuat nitrogen bersifat inert? Gas ini terbentuk oleh unsur yang memiliki lima elektron yang tiga digunakan untuk berikatan sehingga membentuk ikatan rangkap tiga. Ikatan rangkap tiga inilah yang membuatnya sulit untuk terputus oleh sebab itu ia tak mudah bereaksi dimana yang namanya reaksi adalah terputusnya suatu ikatan untuk membentuk ikatan baru.


Tidak ada komentar: