Racun Gas CO


Sampai sekarang masih kita temui kematian karena keracunan gas karbon monoksida. Contoh kasus silahkan klik di sini. Karena sampai sekarang beberapa orang belum sadar akan bahayanya gas ini. Hal ini tidak mengherankan karena gas karbon monoksida ini tidak memiliki ciri-ciri khusus yang mudah dikenali, gas ini tidak berwarna dan tidak berbau menyengat. Selain itu gas ini sangat mudah dihasilkan oleh aktifitas kita sehari-hari karena gas beracun ini merupakan hasil dari pembakaran yang tidak sempurna sedangkan kita tiap harinya sangat akrab dengan aktifitas pembakaran.

Mekanisme Keracunan Gas CO
Gas karbon monoksida (CO) merupakan gas yang sangat beracun, karena CO jauh lebih reaktif dari pada O2 so.... hemoglobin yang biasanya ngikat O2 malah ngikat CO akhirnya metabolisme kita keganggu dech!


Hemoglobin adalah persenyawaan yang terbentuk dari senyawa heme (lihat gambar bawah) dengan globin (protein globular). Hemoglobin yang seharusnya mengikat oksigen yang diperlukan dalam metabolisme tubuh dan menyuplai oksigen ke otak dan karena hemoglobin berikatan dengan CO akhirnya otak akan kekurangan oksigen dan tubuh tidak mampu melakukan proses pembakaran untuk menghasilkan energi yang kita gunakan untuk beraktifitas.


Tidak ada komentar: